Narcotics Anonymous

..:: MENGENAL PROGRAM 12 LANGKAH ::..

Apa sih Program 12 Langkah itu..

Program 12 Langkah adalah program pemulihan untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan penyakit adiksinya atau perilaku bermasalah apapun yang membuat hidupnya menjadi tidak terkendali, sehingga membutuhkan dukungan-dukungan dari orang lain untuk menyelesaikan masalah-masalahnya itu.

Program ini adalah program gratis atau tidak memungut biaya apapun, program membantu diri sendiri (self-help group), tanpa ikatan kelembagaan ataupun denominasi apapun. Ini adalah tempat untuk berbagi Pengalaman, Kekuatan, dan Harapan bersama untuk mengatasi masalah-masalah yang membuat hidup kita menjadi tidak terkendali.

Program ini terbentuk sejak tahun 1937, didasarkan pada 12 Langkah AA (Alcoholics Anonymous). Program ini telah membantu ribuan lelaki dan perempuan pulih dari alkoholisme (kecanduan alkohol) dengan menerapkan prinsip-prinsip yang ada di dalam 12 Langkah itu sendiri.

Sekarang ini, sudah banyak terdapat kelompok-kelompok yang terbentuk berdasarkan pada 12 Langkah. Seperti; AA, NA, EA (Emotion Anonymous), CA (chocolate Anonymous), dan masih banyak lagi. Tetapi di Indonesia, program 12 Langkah baru terbentuk untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan obat-obatan dan alkohol atau hal-hal yang berhubungan dengannya. Selain untuk pecandu, program ini juga dipakai oleh keluarga pecandu yang hidupnya turut menjadi tidak terkendali.


..:: TOOLS FOR RECOVERY ::..

Ada saat dimana drugs pilihan kamu berhenti bekerja, mungkin alkohol, narkotika, obat dokter, berjudi, anorexia, makan secara berlebihan (overeating), seks atau co-dependency. Suatu waktu dimana semua kegilaanmu rasanya sudah tak tertahankan atau tidak terkendali lagi. Pada saat itu segalanya sudah terlambat. Kamu tidak dapat berhenti, tetapi kamu terus berusaha mengendalikan dan bertahan hidup, meskipun kamu tahu hal itu membunuhmu secara perlahan. Adiksimu telah menjadi hal terpenting dalam hidup kamu. Jika, karena suatu hal, suatu cara, kamu bisa mendapatkan istirahat dari”nya”, kamu menyadari bahwa kamu harus berhenti sekarang. Kamu benar-benar takut dan kamu tahu ini mungkin kesempatanmu yang terakhir. Kamu ingin menjauh dari”nya” tetapi kamu tidak tahu bagaimana caranya.

Jika kamu ingin waras (sober), bebas dari penyalahgunaan zat kimia dan penganiayaan emosional, kamu bisa!! Tidak peduli berapa banyak yang telah kamu pakai atau seberapa dalam kamu telah jatuh, kamu masih bisa menjauh dan tetap jauh dari”nya”.

Ribuan pecandu yang sudah pulih telah melakukannya, dan mereka kini kembali memiliki hidup waras. Mereka melakukan ini dengan secara aktif melibatkan diri dan menggunakan perangkat pemulihan dalam berbagai program 12 Langkah yang didasarkan pada 12 Langkah Alcoholics Anonymous.

ABSTINENSI TOTAL:

Ini berarti kamu bukan hanya harus berhenti dan pantang memakai drug pilihan kamu, tetapi juga zat pengubah pikiran dan emosi lainnya. Pengalaman orang-orang lain mengatakan bahwa adiksi mereka terhadap zat pilihan mereka kembali muncul karena pemakaian zat atau aktivitas lain.

PERTEMUAN-PERTEMUAN:

Disinilah tempat kamu bisa bertemu dengan pecandu dalam pemulihan lainnya. Kamu telah gagal melakukannya sendirian, tetapi kamu dapat melakukannya bersama-sama. Kamu dapat mendengar cerita mereka tentang bagaimana mereka dulu, apa yang terjadi pada mereka, dan kehidupan mereka sekarang. Kamu dengarkan persamaan-persamaan yang ada, dan buang yang tidak. Dalam pertemuan-pertemuan ini kamu mendapatkan informasi berharga tentang penyakitmu dan bagaimana program 12 Langkah bekerja. Sangat disarankan bagimu untuk menghadiri 90 pertemuan dalam 90 hari pertamamu bersih, dan untuk mempraktekkan pantangan sejauh kemampuanmu yang terbaik.

LITERATUR:

Buku-buku Alcoholics Anonymous (“Big Book”), dan Twelve Steps and Twelve Traditions of Alcoholics Anonymous (“the Twelve and Twelve”) adalah dua alat paling berharga dalam pemulihan. Setiap program 12 Langkah juga menerbitkan berbagai literatur yang dapat berkaitan langsung dengan adiksimu.

SPONSOR:

Seorang sponsor adalah pecandu dalam pemulihan dengan adiksi yang sama denganmu, yang telah memiliki waktu waras (sobriety) lebih lama dan lebih banyak pangalamannya dalam program daripadamu, sehingga dapat membantumu menjalankan 12 Langkah Pemulihan. Sponsor, baiknya dengan jenis kelamin sama, harusnya adalah seseorang yang kamu percayai dan dapat kamu ajak bicara. Kamu harus segera menemukan sponsor, bahkan jika sifatnya hanya sementara. Kamu dapat menggantinya nanti jika memang tidak berhasil dengan orang itu.

12 LANGKAH:

Menghadiri pertemuan-pertemuan memang dapat tetap membuatmu waras untuk beberapa waktu, tetapi 12 Langkah sangat vital untuk pemulihan yang stabil dan bahagia. Langkah-langkah ini adalah alat/cara dimana kamu bisa bergerak dari masalah adiksimu ke solusi pemulihan. Kamu dapat mempelajari Langkah-langkah ini melalui literatur, menghadiri pertemuan Step Study dan bekerja dengan sponsor yang telah banyak pengetahuannya.

BANTUAN PROFESIONAL:

Adiksi dan penggunaanmu mungkin merupakan cara bawah sadar untuk mengobati dirimu dari masalah mental dan/atau emosional lain yang kamu miliki. Adiksimu terhadap narkoba juga mungkin telah menimbulkan kerusakan fisik. Pada masa-masa awal pemulihan, masalah-masalah mental, emosional, dan/atau fisik ini dapat muncul. Pada masa awal pemulhan, bekerja dengan tenaga profesional sama pentingnya dengan bekerja dengan sponsor. Jika tidak jelas bagi mereka, kamu harus memberitahu doktermu bahwa kamu sedang berada dalam tahap-tahap awal pemulihan dan tanyakan pada mereka apakah mereka memiliki cukup luas pengetahuan mengenai bentuk adiksimu.

KEKUATAN YANG LEBIH TINGGI:

Sangat penting juga untuk menjelajahi keyakinan yang kamu miliki terhadap Kekuatan yang Lebih Besar darimu. Tidak ada persyaratan agama atau keyakinan untuk dapat menghadiri suatu pertemuan 12 Langkah manapun. Beberapa orang telah hilang keyakinan mereka sebelum masuk pemulihan, tetapi sebagian lagi memang dari dulu tidak pernah memiliki keyakinan spiritual apapun. Dalam pemulihan kamu mungkin akan mendapatkan suatu perasaan spiritual yang baru atau bangkit kembali. Beberapa perasaan ini mungkin bertentangan dengan latar belakang agama yang kamu miliki. Ingat untuk tetap menjaga keterbukaan pikiran.

PELAYANAN:

Salah satu kunci untuk pemulhan yang sukses adalah melibatkan diri. Mulailah dengan membuat dan mempertahankan komitmen di pertemuan-pertemuan. Membuat kopi, membantu mengatur dan membereskan kursi, dll. Bantu dirimu dengan membantu orang lain.

TELEPON:

Telepon adalah garis penyambung hidupmu di antara pertemuan-pertemuan. Cari nomor telepon dari anggota-anggota lain dalam program. Biasakan diri untuk menelpon seseorang dalam program setiap harinya. Awalnya mungkin kamu akan malu dan ragu tetapi dengan membiasakan diri menelpon seseorang, akan mudah untuk menelpon saat muncul saat-saat krisis. Dan hal itu akan muncul!

ONE DAY AT A TIME:

Pikiran untuk berjanji tidak akan pernah memakai lagi dapat mematahkan semangat dan terlalu berlebihan bagi kita. Sangat penting bagi kita untuk tidak mengkhawatirkan masa lalu atau berusaha meproyeksikan masa depan, stay in the moment. Sangat penting untuk menjalankannya satu jam atau bahkan satu menit setiap kalinya. Jika kamu merasa bahwa terlalu banyak hal-hal yang ingin kamu capai, buatlah daftar hal-hal yang harus kamu lakukan. Buat daftar itu sekecil dan sesederhana mungkin. Hal-hal yang dapat diselesaikan dalam waktu 5 menit atau kurang, dapat sama membahagiakannya dengan menyelesaikan tugas jangka waktu panjang. Terutama saat bingung atau marah.

DOA DAN MEDITASI:

Ini adalah alat-alat untuk menciptakan dan mengembangkan kontak sadar kita dengan suatu Kekuatan Yang Lebih Tinggi, sebagaimana kita memahamiNya. Saat kamu tidak tahu apa yang harus kamu ucapkan dalam doamu atau apa yang harus dilakukan saat meditasi, ucapkan saja secara berulang-ulang doa kedamaian:

“Tuhan, berikanlah aku kedamaian

tuk dapat menerima apa yang tidak dapat kuubah

Keberanian tuk mengubah apa yang dapat kuubah, dan

Kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaannya.”

JADIKAN PEMULIHAN prioritas utamamu. Semua rencana dan harapanmu, bahkan kelangsungan hidupmu bergantung pada pemulihanmu. Mungkin pada awalnya ini tidak masuk akal, tetapi urutan prioritasmu seharusnya adalah:

Pertama, Sobriety;

Kedua, Kesehatan fisik dan jiwa;

Ketiga, Finansial

Keempat, Hubungan Keluarga


Masa-masa awal pemulihan dapat terasa sangat sulit. Ini bukan berarti kamu tidak bertambah baik. Hati-hati dengan pemikiran-pemikiran seperti “Saya tidak merasa baik” atau “Ini tidak bekerja”. Pemulihan adalah sebuah proses, dan membutuhkan waktu.

..::UNTUK PECANDU ::..

Banyak orang yang memiliki pemahaman yang salah tentang adiksi/kecanduan. Kebanyakan orang tua membawa anak mereka ke psikiater, dokter, dan memasukkan ke rumah sakit dengan harapan bahwa si pecandu akan terlepas dari masalah kecanduannya melalui perawatan medis. Adiksi merupakan penyakit yang menyerang fisik, mental, emosional, dan spiritual, dan para dokter, atau para profesional medis, biasanya hanya menangani masalah fisik-nya saja. Bahkan tidak jarang akhirnya si pecandu mengalihkan kecanduannya dari zat pilihannya kepada obat-obatan yang diberikan oleh para profesional medis itu sendiri.

Hal utama yang dibutuhkan oleh pecandu adalah pengertian tentang bagaimana menjalani kehidupan kita tanpa harus bergantung pada zat-zat adiktif. Oleh karena itu, terdapat banyak pecandu yang mencoba untuk mencari pertolongan ke profesional medis yang dimana pada akhirnya kita kembali lagi menggunakan zat-zat adiktif.

12 Langkah merupakan panduan hidup bagi para pecandu, memberikan gambaran tentang bagaimana kita menghadapi kehidupan yang bersih dari zat-zat adiktif. Ini dapat membantu kita untuk berhadapan dengan masalah-masalah yang kita hadapi sehari-hari tanpa harus menggunakan drugs.

Pecandu memiliki kecenderungan untuk mengisolasi diri. Ini membuat kita seringkali merasakan kesepian yang mendalam, dan kita mencoba untuk mengisi kesepian itu dengan menggunakan drugs. Semakin dalam kita masuk ke dalam dunia adiksi/kecanduan, semakin jauh kita menarik diri dari masyarakat, teman-teman, dan keluarga.

Salah satu hal yang paling umum terjadi pada pecandu adalah kita akan merasa tidak nyaman apabila ada orang lain yang dapat melihat ke dalam diri kita. Penyangkalan (Denial) bahwa kita memiliki masalah kecanduan adalah salah satu senjata yang digunakan untuk mencegah orang lain melihat ke dalam diri kita. Dan seringkali kita melakukan ini tanpa kita sadari.

12 Langkah dapat membantu kita untuk mengetahui akar dan inti permasalahan yang kita hadapi selama ini. Kebanyakan dari kita akan menolak menyebut diri kita sendiri sebagai seorang pecandu. Kita biasanya berpikir bahwa kita dapat mengontrol/mengendalikan pemakaian kita. Padahal justru sebaliknya, kehidupan kitalah yang dikendalikan oleh drugs. Sikap seperti ini sama halnya dengan menyangkal bahwa kita memiliki masalah.

Fungsi dari 12 Langkah adalah untuk membantu kita agar dapat melihat ke dalam diri kita sendiri, karena pada intinya pemulihan berasal dari masing-masing individu. Membantu kita untuk dapat menyadari apa yang sebenarnya sedang terjadi di dalam diri kita, dan membuat kita lebih memahami tentang adiksi/kecanduan.

Orang “normal” (mereka yang bukan pecandu) memiliki kesulitan untuk memahami jalan pikiran seorang pecandu. Pecandu akan lebih mengerti satu sama lainnya karena kita memiliki masalah yang sama juga. Inilah yang ditawarkan oleh persaudaraan NA itu sendiri, yaitu menyediakan tempat yang nyaman untuk para pecandu dapat berbagi satu sama lain tentang adiksi kita dan masalah-masalah yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Setiap pecandu dapat belajar dari pengalaman-pengalaman mereka yang telah lama bertahan bersih dan dapat mengambil manfaat dari program yang mereka jalani.

Alcoholics Anonymous atau dikenal dengan AA adalah suatu kelompok yang terdiri dari lebih dari seratus pria dan wanita yang mempunyai masalah dengan alkohol dalam kehidupan mereka. Kelompok AA yang pertama terjadi di Akron, Ohio, bulan Juni 1935, pada saat itu Dr. Bob dan Bill bertemu,  mereka adalah pecandu alkohol. Dan mereka juga banyak dibantu oleh Alm. Dr. William D. Silkworth, seorang ahli alkoholisme dari New York. Pada tahun ini banyak kegagalan terjadi, namun ada juga beberapa keberhasilan yang memuaskan hati. Karena sudah terbentuknya kelompok AA yang pertama, meskipun tidak ada seorangpun yang menyadarinya saat itu.

Di akhir tahun 1937, jumlah anggota yang bertahan bersih atau tanpa minum alkohol dalam waktu yang cukup lama semakin banyak.

Tahun 1939, keanggotaan kelompok ini sudah mencapai sekitar 100 pria dan wanita. Yang di mana sebelumnya kelompok ini belum mempunyai nama, kemudian mulai disebut sebagai ALCOHOLICS ANONYMOUS yang diambil dari judul Big Book.

Pada musim gugur 1939, Fulton Ousler, editor majalah Liberty saat itu, menurunkan artikel dalam majalahnya, berjudul “Alkoholik dan Tuhan”. Artikel ini  mengundang perhatian banyak orang, sehingga mulai terbentuklah kelompok-kelompok baru. Pesan-pesan AA dapat juga disebarkan melalui pos, sebaik lewat mulut ke mulut. Pada akhir tahun 1939, diperkirakan ada sekitar 800 alkoholik yang memulai pemulihan.

Musim semi 1940, John D. Rockefeller, Jr. mengundang anggota AA makan malam untuk menceritakan pengalaman mereka. Berita mengenai hal ini menyebar dengan cepat; banyak yang mencari buku AA di toko-toko buku. Pada bulan Maret 1941, keanggotaan AA sudah meledak mencapai 2.000 orang. Lalu Jack Alexander menulis artikel khusus di koran Saturday Evening Post dan memberikan gambaran kepada masyarakat umum bahwa sudah banyak pecandu alkohol yang membutuhkan bantuan di dalam masyarakat kita. Di akhir tahun 1941, anggota AA mencapai angka 8.000 orang.

AA dan 12 Tradisi AA telah diterima secara meluas pada tahun 1950 sehingga diteguhkan dalam konperensi Internasional di Cleveland.

Pada bulan Maret 1976, diperkirakan jumlah anggota AA mencapai lebih dari 1.000.000 orang di seluruh dunia dengan hampir 28.000 kelompok yang terbentuk di lebih dari 90 negara. Tahun 1979, lebih dari 33.000 dan sekitar sepertiga anggota adalah perempuan; 11% berusia 30 atau di bawah itu.

Setelah 25 tahun sejak edisi ke-3 dari Buku Besar Alcoholics Anonymous dipublikasikan/dikeluarkan, persaudaraan ini berkembang menjadi 440,000 anggota di Amerika dan di Kanada. Lebih dari 2,000.000 di seluruh dunia.

Situs ini sama sekali tidak didukung oleh Alcoholics Anonymous. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Alcoholics Anonymous (AA) silahkan kunjungi situs mereka di…

..:: NARCOTICS ANONYMOUS ::..

Apakah Narcotics Anonymous ( NA ) itu ?

Narcotics Anonymous yang lebih dikenal dengan kata NA adalah suatu perkumpulan yang tidak mencari keuntungan atau suatu golongan dari pria dan wanita di mana obat-obatan telah menjadi masalah utama dalam kehidupan mereka. Kita adalah pecandu-pecandu dalam pemulihan yang bertemu secara tetap, tentu untuk menolong satu sama lain tetap bersih. Ini adalah program untuk sepenuhnya berhenti menggunakan semua jenis obat-obatan.

Program NA adalah sebuah kumpulan prinsip-prinsip yang dituliskan dengan sederhana agar kita dapat mengikutinya dalam kehidupan keseharian kita. Hal yang terpenting adalah prinsip-prinsip itu bekerja. Program kami adalah program yang sederhana, yang didasarkan oleh 12 Langkah (bagaimana ini bekerja) dan 12 Tradisi. Dan sudah banyak pecandu-pecandu yang pulih melalui program ini dan dapat bekerja untuk mereka.

NA tidak terafiliasi dengan organisasi manapun, kita tidak memungut uang pendaftaran, tidak ada yang perlu ditanda tangani, tidak ada janji-janji untuk siapapun. Kita tidak berhubungan dengan kelompok politik, agama, penegak hukum manapun, dan tidak berada dalam pengawasan setiap saat. Siapapun bisa bergabung dengan kita tanpa memandang umur, ras, jenis kelamin, agama, kepercayaan-kepercayaan, maupun tidak beragama.

Perkumpulan ini tidak tertarik dengan apa atau berapa banyak yang pernah anda pakai atau siapapun koneksi anda, apa yang pernah anda lakukan di masa lalu, seberapa banyak atau seberapa sedikit yang anda miliki, tapi hanya dengan apa yang ingin anda lakukan tentang masalah  anda dan bagaimana kita dapat menolong.

NA kini memiliki ribuan anggota (pria atau wanita) dari berbagai penjuru dunia. Kita percaya bahwa dua per tiga  dari kita telah membentuk landasan permanen gaya hidup tanpa obat-obatan dan lebih dari setengah anggota kita tidak pernah memakai obat-obatan lagi, meskipun banyak orang mengatakan bahwa kita tidak akan pernah sembuh.

Tujuan utama kami  adalah untuk mempertahankan hidup tanpa obat-obatan, dan membantu sesama pecandu lainnya untuk mencapai tujuan bersama.

(Priambul NA)

..:: SOBRIETY TOOLS ::..

Jauhi minuman/obat pertama itu, lakukan Langkah Pertama setiap hari.

Hadiri pertemuan AA/NA secara teratur, dan ikutlah terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang ada.

Kemajuan (progress) dibuat sehari setiap kalinya (One Day at a Time).

Gunakan Rencana 24 jam.

Ingat, penyakit Anda tidak dapat disembuhkan, progresif, dan fatal!!

Utamakan yang utama.

Jangan terlalu lelah.

Makan secara teratur.

Gunakan telepon. (Jangan hanya setelah masalah lewat, tetapi terutama saat sedang berada dalam masalah)

Jadilah seorang yang aktif-jangan hanya duduk saja. Menganggur saja dapat membunuh Anda.

Gunakan Doa Kedamaian.

Ubah pola dan rutinitas lama.

Jangan terlalu lapar.

Hindari kesepian.

Latih kendali atas kemarahan Anda.

Buang kegetiran-kegetiran Anda.

Bersedialah membantu bilamana dibutuhkan.

Easy does it (Pelan-pelan).

Bersikaplah baik terhadap diri Anda, Anda patut mendapatkannya.

Keluarlah dari jebakan “Kalau saja”

Ingat pengalaman saat memakai. Saat terakhir mabuk, giting, perasaan yang muncul, dll.

Berhati-hatilah dengan emosi-emosi Anda.

Bantu orang lain dengan pemulihan mereka, ulurkan tanganmu, jadilah pendengar yang baik.

Cobalah untuk mengalihkan hidup dan niatan kepada Kekuatan Yang Lebih Tinggi-mu.

Hindari semua obat yang menimbulkan rasa giting, baca label pada setiap obat-obatan.

Lepaskan ide-ide lama.

Hindari situasi/ acara yang ada minum-minum/penggunaan obat-obatan.

Ganti teman-teman junkie dengan teman-teman AA/NA.

Baca Big Book AA, dan Basic Text NA.

Cobalah untuk tidak bergantung pada orang lain (hubungan yang sakit)

Berterimakasihlah dan saat sedang tidak, buatlah daftar terima kasih.

Bangkitlah dari kubangan “Self-pity”-mu… (Self-pity=mengasihani diri sendiri)

Carilah bantuan dari orang yang mengetahui dan/atau sebaliknya.

Cobalah 12 dan 12, jangan hanya 1 dan 12, 1 dan 1, atau 12 dan 13!

Let Go and Let God (Lepaskan dan Biarkan Tuhan)

Gunakan kantung Tuhan dan jawaban-jawabannya: ya, tidak, atau tunggu saya punya sesuatu yang lebih baik untukmu. Jangan lupa untuk ucapkan terima kasih.

Temukan keberanian untuk berubah melalui contoh orang-orang lain yang telah menemukannya.

Jangan coba untuk uji niatanmu – jika seorang alkoholik diberi satu ember bir, dalam waktu satu jam ia akan memerlukan 300 drum bir, seorang pecandu yang diberi satu kantung heroin akan kemudian meminta satu peti heroin. Ingat- Satu terlalu banyak, Seribu tidak pernah cukup!

Hiduplah di hari ini, bukan kemarin, bukan besok – Proyeksi adalah merencanakan hasil sebelum apapun terjadi.

Hindari keterlibatan emosional dalam satu tahun pertama – karena orang itu akan selalu ditempatkan paling atas, dan Anda tidak akan mengerjakan program Anda lagi.

Ingat – narkoba itu licik, membingungkan, dan sangat kuat.

Berbahagialah atas keterkendalian hidup barumu

Bersikap rendah hati — Kerendah hatian bukanlah berpikir bahwa dirimu lebih, tetapi lebih jarang berpikir bahwa dirimu lebih. Awasi ego-mu.

Bagi Pengalaman, Kekuatan, dan Harapanmu.

Hargai pemulihanmu.

Buang sampahmu secara teratur – GIGO=Garbage In Garbage Out

Perbanyak tidur yang “penuh istirahat”

Tetaplah waras untuk dirimu -bukan orang lain- tidak akan berhasil jika kita bertahan bersih dan tetap waras untuk orang lain selain diri kita sendiri.

Jujurlah dengan dirimu dan dengan orang lain.

Kemajuan dibuat sehari setiap kalinya, bukan 10 tahun dalam sehari!

Jangan buat keputusan-keputusan besar dalam satu tahun pertama bersih.

Cari seorang sponsor dan gunakan dia. (jangan pilih-pilih apa yang Anda bagi dengannya)

Ketahuilah apapun masalahmu, sudah ada orang lain yang pernah melewati/merasakannya.

Jangan takut untuk berbagi, karena suatu masalah yang dibagi berarti telah terselesaikan setengahnya.

Usahakan untuk capai kemajuan, bukan kesempurnaan.

Ketika sedang ragu, bertanyalah. Pertanyaan yang bodoh adalah pertanyaan yang tidak ditanyakan.

Dulu Anda tidak takut untuk berbicara. Kenapa harus mulai sekarang.

Gunakan doa dan meditasi… jangan hanya asal melakukannya.

Peliharalah keseimbangan : spiritual, fisik, emosional, dan mental.

Taruh sepatumu di bawah tempat tidur, kalau-kalau saja ada yang mencari.

Jangan gunakan zat lain sebagai program pemeliharaan.

Belajar untuk melakukan pemeriksaan inventori di tempat.

Hati-hati dengan BENDERA MERAH- hal-hal yang memberi alasan untuk berperilaku buruk dan relapse yang tidak terelakkan.

Ketahuilah bahwa Anda juga seorang manusia, tidak apa-apa untuk menjadi manusia, tetapi tidak harus minum atau memakai karenanya.

Bersikaplah baik pada diri Anda sendiri; sudah waktunya bukan?

Jangan terlalu serius menanggapi diri Anda – tanggapilah penyakit adiksi Anda secara serius!

Ketahuilah bahwa apapun yang menyebabkan timbulnya rasa sakit-akan lewat.

Jauhi SINDROM MABUK KERING sebisa mungkin.

Jangan beri lebih dari yang Anda bisa, Kewarasanmu harus dinomor satukan selalu.

Runtuhkan tembok dirimu; dan kamu akan dapat melihat cahaya siang hari dengan lebih baik. Dan membiarkan orang lain untuk lebih baik mengenalmu.

Bentuklah sebuah home group dan hadiri secara teratur.

Ketahuilah bahwa cahaya diujung terowongan bukanlah kereta yang akan lewat, tetapi sebenarnya cahaya harapan. Hentikan pikiran dan sikap negatifmu.

Ketahuilah bahwa kamu tidak sendirian, itulah sebabnya ada kata “KITA” di setiap langkah.

Bersedialah untuk melakukan apapun untuk dapat bersih dan tetap bersih dan waras.

Ketahuilah betapapun buruk dan gelapnya masa lalumu, masa depanmu bersih, cerah, dan terang bila hari ini kamu tidak minum atau menggunakan.

Hindari cara/jalanmu sendiri.

Jangan terburu-buru – ingat “TIME=Things I Must Earn” (Hal-hal yang harus saya peroleh)

Awasi EGO-mu. “EGO = Ease God Out”(menyingkirkan Tuhan)

Jagalah kewarasanmu. Apapun yang perlu dilakukan, lakukanlah. Fokuskan perhatian pada pemulihanmu.

Belajar untuk benar-benar mendengarkan, jangan hanya asal mendengarkan. Bersikaplah terbuka dan jangan menghakimi!

Jika hatimu sebaik penampilanmu, semua orang akan tampil baik.

Jika seluruh dunia terlihat buruk, periksalah dirimu terlebih dahulu.

Tunjukkan sikap berterimakasih.

Saat semuanya gagal… hadirilah lebih banyak pertemuan!!

Ingat FEAR = FALSE EVIDENCE APPEARING REAL! (Bukti palsu yang tampak nyata)

hadapi masalahmu, jangan terus lari darinya. Ingat FEAR= FUCK EVERYTHING AND RUN! (Tinggalkan semua dan lari)

Hati-hati dengan FINE=FUCKED-UP, INSECURE, NEUROTIC, EMOTIONAL. (keadaan emosional yang tidak seimbang)

Tangani apa yang dapat kamu tangani dan tinggalkan sisanya. Ketahui kemampuan dirimu, jangan terlalu diforsir.

Hanya segitulah yang dapat Anda capai dalam waktu 24 jam.

Kejujuran dan konsistensi adalah faktor-faktor kunci dalam pemulihan.

Biarkan anak kecil dalam dirimu itu keluar – belajarlah tertawa dari hatimu.

.?


2 Responses “Narcotics Anonymous” →
  1. Andoll Pecandu……….hadir……..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: