separuh catatan pementasan boneka "panda" bersama anjal.

Posted on September 15, 2009

0


allah tak akan buta ketika hambanya berjalan dengan hati.

tak terasa pementasan teater boneka bersama anak2 jalanan dalam moment ramadhan ini sudah berjalan 2 hari, tinggal 3 hari lagi, dan semua ini dilalui dengan kebingungan dan kebingungan yang membawa pencerahan.
pada awalnya kita begitu pesimis untuk menjalankan kegiatan ini karena kita adalah mahasiswa. butuh biaya yang gak sedikit untuk kegiatan berbagi ini. namun kita pun optimis karena kita punya gambaran kawan2 yang akan kita todongi untuk mensuport kegiatan ini (sori kawan, semoga surga yang membalasmu).
dalam perkembangan ternyata kendalanya bukan hanya masalah dana namun yang paling utama yaitu sound sistem. karena kita sudah kebiasaan maen di suasana indoor dan tertata dengan baik dan sekarang kita maen di jalanan. faktor suara yang menjadi kendala utama ternyata. namun sekali lagi kawan2 panda tetep optimis. ada yang pernah bilang bahwa “kalo belum pernah dicoba kapan kita bisa tahu tentang kekuatan kita, asalkan jangan coba drugs aja”

hari 1 : taman bungkul surabaya, 12 september 2009

kita lalui dengan suasana hati bingung saat kita kumpul dahulu di FIB Unair. setelah nyampai disana kita langsung kordinasi dengan semua pihak mulai dari penjaga bungkul sampai anak2 pengamen. suara adzan magrib masih kurang 15 menit tempat mementasan sudah dipenuhi oleh anak2 (kurang lebih ada 25 anak) yang begitu antusias.
pementasan ini menyampaikan materi selain materi tentang bulan ramadhan juga dibumbui tentang bahaya nya permen narkoba dll. dengan lakon boneka utama yaitu si agus, si ucil dan mbak vedha.
anak-anak tersebut sangat antusias dan ini terlihat dari mimik wajahnya. kendala utama kita tentang masalah suara terasa banget, akhirnya pemain2 panda bersusah payah memaksakan suaranya untuk lebih keras lagi.
habis pementasan langsung pembagian tajil dan makan bersama sekaligus juga pembagian doorprice yang membuat anak2 ini semakin bahagia. yang menjadi cacatan bahwa kita kurang menghitung masalah konsumsi sehingga dari 12 anggota panda hanya mendapatkan 4 nasi buat berbuka puasa. namun hal ini bukan kendala, akhirnya nasi tersebut dimakan bersama2 dengan suasana senang karena pementasan hari pertama dapat dilalui.
ada kejadian unik di hari pertama ini, kita selalu mengeluh tentang masalah suara. namun pada waktu pulang kita di hampiri oleh provider Fren yang sedang mengadakan lomba bikin yel2 yang terbaik. kita iseng2 ikut, mungkin inilah tangan-tangan tuhan yang mendengarkan keluh kita hari ini, akhirnya kita memenangkan itu dan mendapatkan hadiah berupa HP dan beberapa kartu telepon. gak pake mikir panjang akhirnya HP tersebut kita jual untuk di belikan sebuah megaphone yang digunakan untuk mendukung penyampaian informasi pementasan.

hari 2 : taman bermain di dekat pataya surabaya, 14 september 2009.
hari ini juga dilalui dengan kebingungan dan kesalah pahaman antar anggota yang membuat waktu menjadi molor. kesalahpahaman ini dikarenakan penentuan masalah tempat sehingga menjadikan anggota terpencar dan terlambat untuk memulai pementasan. alhamdulillah semua berjalan dengan baik. penjaga taman memberikan kita ijin tampil disana dan membantu mendorong anak2 jalanan untuk bergabung bersama kita.
materi hari ini berbeda denga hari pertama, nti yang kita bawakan yaitu tentang bahaya rokok dan semacamnya dengan pemeran utama yang masih tetap sama.

dari dua hari ini kita akhrnya mendapatkan tawaran di sidoarjo untuk mengisi pertemuannya Forum Anak Sidoarjo yang rencananya akan dihadiri oleh bupati Sidoarjo pada hari selasa 15 september 2009. namun tetap saja ada kendala yaitu bagaimana membawa panggung ke sidoarjo karena kita gak ada mobil yang bisa di pinjem dan juga gak ada biaya untuk menyewa mobil. untuk dibawa dengan sepeda motor keliatannya tidak mungkin karena di area surabaya aja kita membawa nya sangat berat sekali seperti mas zia hampir pernah jatuh karena papan boneka nya hampir jatuh terkena arus angin. namun kita liat aja besok, mungkin ada tangan2 tuhan yang membantu kita lagi.
dari dua hari ini kita ucapkan sukses buat arek-arek panda (puppet show nya anak vedha) yaitu fifin, sanchai, reni, raras, ruu, deri, vega dll

kita hebat karena kita peduli sesama.

Posted in: Kegiatan