Tips: Membaca Pikiran Orang (Curiga Itu Payah, Waspada Ngga Salah)

Posted on September 7, 2009

0


Seringkali kita menjumpai orang di sekitar kita (anak, isteri, tetangga, teman sekantor, dan lain-lain) tiba-tiba bersikap aneh di depan kita. Kita mungkin merasakan situasi aneh tersebut tapi tidak mengerti kenapa.

Di dalam tulisan ini saya mencoba membantu Anda yang kesulitan membaca sesuatu yang tersembunyi dari sikap aneh orang di sekitar kita. Bukannya menjadikan diri kita orang yang suka curigaan, tapi bersikap waspada itu ngga ada salahnya. Hitung-hitung sambil berlatih membaca pikiran orang dan berusaha bersikap dan memberi respon yang benar.

Sebagai penjelasan : kalau orang yang suka curigaan itu biasanya suka menjeneralisasi suatu kondisi dan secara terus-menerus berpikiran negatif terhadap orang lain, sedangkan orang yang waspada lebih fokus kepada kehati-hatian diri sendiri dalam menghadapi suatu kejadian dan kondisi tertentu dengan berpikir secara proporsional.

Di bawah ini beberapa contoh sikap – sikap aneh tersebut :

1. Apabila anak, isteri / suami, orangtua / mertua, pimpinan / bos atau pun karyawan / bawahan Anda tiba-tiba sering mencuri-curi pandang melihat Anda (dari jauh maupun dekat) dengan wajah seperti orang berpikir itu bisa bermakna :

– Anak/isteri/suami/karyawan/bawahan : Dia sedang berpikir untuk mencoba melakukan sesuatu yang dipikirnya bisa membuat Anda marah atau tidak disukai oleh Anda. Atau dia masih mempertimbangkan kemungkinan respon Anda.

– Anak/isteri/suami/karyawan/bawahan : Dia sedang berpikir untuk mencoba untuk menyampaikan sesuatu dan mempertimbangkan kemungkinan respon Anda.

– Karyawan / bawahan Anda : Dia berusaha pulang dari kantor lebih cepat dari biasanya dengan diam-diam. Perhatikan meja kerjanya yang mulai dibersihkan secara perlahan dan sembunyi-sembunyi.

– Pimpinan / bos : Dia berusaha mencari waktu untuk memarahi Anda. Periksa apakah Anda sudah melakukan suatu kesalahan. Atau dia berusaha meminta bantuan Anda, tetapi takut didengar / diketahui karyawan yang lain atau bantuan yang bersifat pribadi (bukan dinas). Kalau Anda tidak mau menerima kedua kemungkinan ini, segeralah menjauh atau mencari kesibukan di lain tempat / keluar kantor.

– Orangtua / mertua : Dia berpikir untuk meminta bantuan Anda tapi takut mengganggu kesibukan Anda. Atau dia berpikir untuk meminta uang untuk suatu keperluan dan masih mempertimbangkan kemungkinan respon Anda.

2. Apabila orang di sekitar Anda tiba-tiba menjadi lebih ramah dan banyak bicara dengan Anda lebih daripada biasanya .

– Anak remaja : Dia sedang jatuh cinta dan berbahagia dengan hubungannya itu dan berusaha mengambil hati Anda / persetujuan Anda mengenai pilihan hatinya.

– Anak / isteri / suami / orang tua / mertua / tetangga : Dia sedang mencoba mengambil hati Anda karena membutuhkan sesuatu atau bantuan dari Anda. Biasanya hal ini dilakukan setelah mereka berpikir seperti disebut pada poin 1 di atas, atau juga sesudah menerima bantuan / pemberian dari Anda dengan maksud menyenangkan hati Anda.

– Anak / isteri / suami / karyawan / bawahan / dll : Dia sedang berbahagia karena baru gajian, baru dapat rezeki lainnya atau “usahanya” bersama isteri / suami / pasangannya tadi malam sukses.

– Pimpinan / Bos : Dia sedang mencoba mengambil hati Anda untuk suatu bantuan yang diharapkannya di luar urusan dinas / pribadi. Atau dia sedang merasa bahagia untuk urusan uang, kesenangan atau rumah tangga.

3. Apabila orang di sekitar Anda tiba-tiba mengambil jalan lain / membelok ketika secara tidak sengaja akan bertemu dengan Anda, baik di jalan maupun di rumah.

– Anak / isteri / suami / karyawan / bawahan : Dia sedang mencoba menyembunyikan sesuatu yang sedang dibawanya / dipakainya.

– Anak / isteri / suami / pimpinan / bos / karyawan / bawahan / dll, apabila bertemu Anda di jalan : Dia merasa takut apabila Anda bertanya / mengetahui dari mana atau ke mana tujuan perjalanan mereka.

4. Tetangga / teman yang jarang berkunjung tiba-tiba datang berkunjung dan dengan gaya memelas dan membungkuk-bungkuk serta sering melontarkan pujian-pujian kepada Anda biasanya dia berusaha memuluskan jalan untuk meminjam uang dari Anda. Dan kemudian tetangga / teman yang tadinya mendapatkan pinjaman uang dari Anda biasanya akan sulit ditemui / dihubungi, dan apabila bertemu di jalan dia akan berusaha membelok.

5. Orang di sekitar Anda yang selalu berusaha menghindar / mengalihkan pembicaraan dari suatu topik ketika sedang berbicara dengan Anda.

– Anak / isteri / suami / teman / tetangga / dll : Dia sedang mencoba mengalihkan pembicaraan ke arah yang diinginkannya. Jadi tunggu saja pembicaraan apa itu.

– Anak / isteri / suami / teman / tetangga / dll : Dia sedang berusaha menghindar dari topik yang merupakan kelemahan / kekurangannya atau dia menghindari topik yang berhubungan dengan kesalahan yang sedang / sudah dilakukannya. Apabila topik yang dibahas mengenai perselingkuhan dan isteri / suami berusaha membelokkan arah pembicaraan, Anda perlu waspada.

6. Orang di sekitar Anda yang tiba-tiba kelihatan gugup sehingga gagap atau salah jawab ketika menjawab pertanyaan mengenai dari mana dia datang, ke mana dia pergi atau dengan siapa dia pergi.

– Anak / isteri / suami : Dia sedang berusaha menutupi kejadian yang sesungguhnya atau berbohong kepada Anda. Apabila untuk pertanyaan pertama jawaban yang diberikannya begitu tegas dan meyakinkan, cobalah dengan memberikan pertanyaan kedua yang masih berhubungan dengan pertanyaan pertama. Karena bisanya orang yang berbohong hanya berpikir untuk mempersiapkan jawaban satu pertanyaan dan jarang mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan kedua atau ketiga, dan akan terlihat gugup.

7. Orang di sekitar Anda yang tiba-tiba tampak gugup dan bersikap manis dibuat-buat ketika Anda datang secara tiba-tiba.

– Anak / isteri / suami / karyawan / bawahan : Dia sedang berusaha menyembunyikan sesuatu yang dipegangnya atau disimpannya di suatu tempat. Sikap ini biasanya dilanjutkan dengan berusaha menggiring Anda untuk menjauhi tempat tersebut dan sambil berbicara dengan arah pembicaraan yang tidak jelas atau tidak fokus dan sering tidak penting. Atau dia sudah melakukan sesuatu yang menurutnya tidak disukai oleh Anda atau tidak ingin diketahui oleh Anda saat itu (bisa jadi sebuah kejutan), sehingga dia berusaha menutupinya dengan mengajak berbicara mengenai hal-hal lain secara tidak fokus.

8. Orang – orang di sekitar Anda yang sedang berkumpul dan mengobrol tiba-tiba diam ketika Anda muncul di tengah-tengah mereka dan terjadi saling pandang di antara mereka : Mereka sedang membicarakan sesuatu hal yang tidak boleh diketahui oleh Anda atau sedang membicarakan sesuatu yang berhubungan dengan Anda.

Posted in: Tips And Trik