Biasakan Hidup Bersih dan Sehat Untuk Cegah Virus Datang

Posted on August 24, 2009

0


Berbagai penyakit yang kini banyak meresahkan masyarakat seperti Flu Burung, Flu Singapura dan akhir-akhir ini dunia dikejutkan oleh wabah Flu Babi. Kesemuanya itu secara umum disebabkan oleh virus, cara terbaik untuk menghindari virus adalah dengan melakukan vaksinasi setiap tahun. Kebiasaan hidup sehat seperti mencuci tangan dan menutup mulut ketika sedang batuk ataupun bersin, juga menjadi faktor utama yang dapat membantu menghentikan penyebaran virus semakin meluas. Hal itu diungkapkan oleh dr. Roestiniadi, DS,SpTHT Kepala IRJ RSU Dr. Soetomo. Untuk itu, simak penuturan dr. Roestiniadi beberapa langkah preventif yang bisa Anda lakukan untuk menghindari virus.

1. Hindari Orang Yang Terkena Virus.

Hindari kontak langsung dengan penderita. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan orang-orang yang sedang terinfeksi virus. Begitu pula sebaliknya, jika kondisi Anda sedang tidak fit dan terserang penyakit seperti influenza, jaga jarak Anda dengan orang lain agar virus tidak menjangkit ke tubuh mereka. Sebab influenza umumnya menyebar lewat orang ke orang melalui batuk atau bersin penderita.

2. Pakai Masker Jika di Tempat Umum.

Virus tersebar dimana-mana melalui udara, maka sering-seringlah Anda memakai masker. Apalagi ketika Anda dalam tempat umum dan kerumunan orang banyak, yakni ketika anda melakukan aktivitas di luar.

3. Cuci Tangan Pakai Sabun.

Selalu rajin mencuci tangan dengan air mengalir yang bersih sebelum dan sesudah beraktivitas. Hal ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman penyakit. Jika Anda tidak sempat dan kesulitan untuk cuci tangan pakai sabun, maka gunakan hand sanitizer yang mudah Anda bawa dan digunakan dimana-mana.

4. Jangan Menggosok Mata, Hidung dan Mulut Pakai Tangan.

Jika anda ingin menggosok hidung, mata dan mulut gunakan saputangan dan tisu. Tangan merupakan “gudang”nya virus, karena kuman akan mudah menyebar bila seorang menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi dengan kuman.

5. Beristirahat di Rumah Ketika Sakit.

Istirahatkanlah tubuh Anda dari segala aktivitas seperti bekerja. Selain untuk memulihkan stamina, hal ini juga dapat mencegah agar orang lain agar tidak tertular.

6. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Semua tidak terlepas dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mulailah melatih hidup sehat, atur pola hidup yang sehat misalkan tidur yang cukup, rutin berolahraga dan hindari stres. Banyak mengkonsumsi air putih dan makanan yang mengandung nutrisi yang sehat dan tepat

Posted in: Tips And Trik