Langkah Membangun Kepercayaan Diri

Posted on August 16, 2009

0


Haqul yakin, siapa pun kita suatu saat pasti pernah mengalami rasa tidak percaya diri. Kita justru merasa sangat rendah diri, minder, dan seperti tidak mampu berbuat sesuatu yang terbaik. Sialnya, pada saat kita butuhkan, perasaan pe-de tersebut kadang rada sulit untuk dibangkitkan kembali. So? Ndak perlu repot. Ada latihan sederhana yang dapat dipraktekkan agar rasa percaya diri Anda kembali ke jalur yang benar. Coba simak tips berikut, lalu praktekkan, agar rasa percaya diri Anda tidak lagi tergoyahkan:

Perhatikan Gerak-gerik Tubuh
Soal ini kedengarannya tak memiliki hubungan langsung dengan rasa percaya diri. Padahal, bagaimana sikap Anda ketika duduk atau berdiri, mengirimkan pesan tertentu pada orang-orang di sekeliling Anda, punya pengaruh signifikan pada kepercayaan diri. Jika pesan tersebut memancarkan rasa percaya diri, Anda akan mendapatkan tanggapan positif dari orang lain dan tentu saja akan memperbesar rasa percaya diri Anda sendiri. Jadi, mulailah memperhatikan sikap duduk dan berdiri untuk menunjukkan Anda memiliki kepercayaan diri.

Bergaullah dengan Orang-orang yang Memiliki Rasa Percaya Diri dan Berpikiran Positif
Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. Jika Anda terus menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh dan pesimis, seberapa pun besarnya rasa percaya diri yang Anda miliki, perlahan tapi pasti akan pudar dan terseret mengikuti lingkungan. Sebaliknya, jika Anda dikelilingi orang-orang yang penuh kebahagiaan dan percaya diri, niscaya akan tercipta pula atmosfer positif yang membawa keuntungan bagi diri Anda.

Ingat Kembali Saat Anda Merasa Percaya Diri
Percaya diri adalah sebuah perasaan. Jika Anda pernah merasakannya sekali saja, tidak mustahil Anda merasakannya lagi. Mengingat kembali pada saat di mana Anda merasa percaya diri dan terkontrol akan membuat Anda mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakkan kerangka rasa percaya diri itu dalam pikiran.

Latihan Sesering Mungkin
Kapan pun Anda ingin memperoleh rasa percaya diri, kuncinya adalah latihan. Anda bahkan dapat membawanya ke dalam tidur. Dengan kemampuan yang terlatih, Anda tidak akan kesulitan menampilkan rasa percaya diri kapan pun dibutuhkan.

Kenali Diri Sendiri
Pikirkan segala hal tentang apa yang Anda sukai berkaitan dengan diri sendiri dan segala yang Anda tahu dapat Anda lakukan dengan baik. Jika hal ini sulit Anda lakukan, coba ingat pujian yang pernah Anda peroleh dari orang-orang, lalu catat apa yang mereka katakan tentang sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan baik. Dengan mengingat atau mencatatnya, Anda bisa melihatnya lagi untuk mengobarkan rasa percaya diri kapan pun Anda membutuhkannya.

Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri
Jangan terlalu mengkritik diri sendiri. Sebaliknya, jadilah sahabat terbaik bagi diri Anda. Hanya, ketika seorang teman sedang menghadapi masa-masa sulit, Anda tidak akan mau terlibat dalam masalahnya sehingga menguras emosi Anda sendiri kan? Pembicaraan yang positif dapat berubah menjadi senjata terbaik untuk menaikkan rasa percaya diri. So, pastikan Anda menanam kebiasaan ini. Jangan biarkan permasalahan orang lain membuat Anda jadi terpuruk.

Jangan Takut Mengambil Risiko
Jika Anda biasa mengambil risiko, Anda pasti akan menemukan bahwa tindakan tersebut mampu membangkitkan rasa percaya diri. Tidak ada hal yang lebih bermanfaat untuk menumbuhkan rasa percaya diri, selain keberanian mendorong diri sendiri keluar dari area yang tidak nyaman. Keberanian mengambil risiko juga berfungsi bagus untuk mengurangi rasa takut Anda terhadap hal-hal yang tidak Anda ketahui, bahkan bisa menjadi pembangkit rasa percaya diri yang luar biasa.

Ganti Fokus
Sudah terbukti, orang-orang yang memiliki rasa rendah diri biasanya adalah orang-orang yang terlalu banyak berfokus pada diri sendiri. Anda dapat lebih meningkatkan rasa percaya diri dengan mengerjakan sesuatu yang membuat Anda terfokus pada orang lain atau satu hal. Seperti ketika Anda bertemu orang-orang baru, Anda akan menemukan rasa gugup Anda menghilang begitu lebih berfokus pada orang yang Anda temui, bukan diri sendiri. Pada akhirnya, Anda akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain dan merasa lebih cerah.

Bersikap Rileks
Belajar tentang bagaimana bersikap rileks merupakan sebuah peningkatan hidup yang luar biasa. Orang-orang yang bersikap rileks lebih sedikit mengalami masalah dengan kenangan buruk mereka dan mengikuti alur kehidupan. Melakukan meditasi juga merupakan cara populer untuk menumbuhkan perasaan rileks. Anda bisa memilih ikut yoga atau tai chi. Metode mana pun yang Anda pilih, lakukan relaksasi dengan serius. Keuntunngan dari hal ini sangat luar biasa untuk diabaikan begitu saja. Jika selama ini Anda tak pernah memikirkan relaksasi sebagai hal penting, maka pikirkanlah sekarang juga.

Apa pun, di atas segalanya, selalu ingatlah bahwa Anda memiliki bakat dan kemampuan. Pastikan Anda selalu melakukan yang terbaik untuk semua itu dan inilah yang akan jadi batu loncatan untuk membangun rasa percaya diri yang tidak tergoyahkan.

Posted in: Tips And Trik