Apakah Saya Seorang Pecandu.

Posted on August 16, 2009

0


Apakah saya seorang pecandu ? sejujurnya hanya anda sendirilah yang bisa menjawab pertanyaan ini, karena anda yang lebih tahu tentang diri anda. Sayangnya tidak ada seorangpun yang bisa memberitahukan bahwa anda adalah seorang pecandu, dan bila memang ada seseorang yang berkata demikian kepada anda, maka secara spontan anda akan menyangkalnya “ Tidak , saya hanya sekali-selkali saja pakai drugs dan saya bisa berhenti kapan saja saya mau.” Itu adalah alasan yang paling sering kita gunakan untuk menyangkal penilaian orang terhadap diri kita. Tapi, benarkah demikian, benarkah anda bukan seorang pecandu ?

Seberapa sering anda mencoba mengendalikan penggunaan drugs anda, anda berpikir kali ini akan berbeda, kali ini anda tidak akan kecanduan karena anda hanya memulainya di malam minggu saja hanya untuk sekedar “fun”, untuk menghidupkan suasana, atau sesekali saja kalau anda sedang menghadiri pesta ulang tahun teman anda, hanya sekedar untuk menambah rasa percaya diri, atau mungkin sesekali saja kalau kepala anda sudah terlalu sesak menampung permasalahan yang ada, seberapa sering anda mencoba mengontrol penggunaan drugs anda ?

Dalam program hal inilah yang biasa kami sebut dengan “ketidak warasan” seorang pecandu, yaitu kita tetap melakukan hal yang sama berulang-ulang namun kali ini mengharapkan hasil yang berbeda. Seberapa sering anda melakukan hal itu mencoba mengendalikan penggunan drugs anda namun hasilnya hanya membawa anda kelobang yang sama, bahkan anda hanya terperosok semakin dalam.

Didalam program kami menemukan banyak orang-orang yang seperti kami, orang-orang yang juga menderita perasaan bersalah, kesepian dan putus asa seperti kami, akhirnya kami menemukan bahwa kami memiliki perasaan itu karena kami mamiliki suatu penyakit…yaitu ADIKSI

“Disini” dalam program, kami memutuskan untuk “mencoba” menghadapi dampak dari drugs dalam diri kami, dan untuk menghadapi itu hal pertama yang kami lakukan adalah mengenali bahwa kami mempunyai masalah. Jika anda ingin mengetahui apakah anda mempunyai masalah yang sama dengan kami , berikut ini ada beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab. Dan bila anda menjawab pertanyaan ini dengan jujur maka anda akan mengetahui apakah anda mempunyai masalah yang sama dengan kami.

Bila anda menjawab “ya” untuk empat pertanyaan atau lebih maka anda mempunyai masalah yang sama dengan kami. Cobalah untuk diri anda sendiri dan anda tidak perlu malu untuk berani menghadapi kenyataan bahwa anda mempunyai “masalah”, karena itu adalah langkah pertama untuk pemulihan. Ingat, tidak ada seorang pun yang bisa meyakinkan anda bahwa anda mempunyai “masalah” dengan drugs !.

Betulkah Anda Tidak Mempunyai “Masalah” ?

1. Pernah memutuskan untuk berhanti pakai drugs selama sekitar seminggu namun hanya bisa bertahan dua hari ?
2. Anda berharap orang lain tidak ikut campur dan berhenti menegur soal kebiasaan anda pakaw ?
3. Pernah beralih dari satu obat ke obat lainnya ?
4. Apakah anda pernah memakai drugs begitu bangun di pagi hari, ditahun terakhir ini ?
5. Anda mempunyai perasaan iri pada orang yang bisa pakaw tanpa menimbulkan masalah ?
6. Pernah punya masalah yang berkaitan langsung dengan drugs di tahun terakhir ini ?
7. Apakah penggunaan drugs anda pernah menimbulkan masalah dirumah ?
8. Pernah berusaha memperoleh drugs dalam jumlah yang lebih pada sebuah “pesta”, karena anda tidak mendapatkan drugs dalam jumlah yang cukup ?
9. Merasa dapat berhenti sendiri, namun anda sering kali “gitting” diluar keinginan anda sendiri ?
10. Pernah kehilangan waktu kerja atau sekolah karena drugs ?
11. Sering “black out” ( black out adalah bila anda telah minum atau pakaw selama berjam-jam atau berhari-hari, dimana kita tidak ingat sama sekali) ?
12. Pernah merasa bahwa hidup anda akan lebih baik jika anda tidak menggunakan
drugs ?

Jika anda menjawab “ya” untuk empat atau lebih pertanyaan diatas, anda mungkin bermasalah dengan drugs. Mengapa kami mengatakan demikian ? karena ribuan orang di AA (alcoholics anonymous) dan NA (narcotics anonymous) mengatakan begitu sejak puluhan tahun yang lalu, kami menemui kenyataan tentang diri kami sendiri dengan cara yang sulit, namun itulah kenyataannya, dan sayangnya kami tidak lagi bisa membohongi diri kami sendiri terutama setelah kami melihat berbagai kenyataan yang ada dalam diri kami. Dan ternyata kenyataan ini adalah kenyataai yang sama seperti yang harus anda hadapi, jadi anda dapat melihat seberapa “jujur”kah anda dalam menilai diri anda !

Apakah Saya Seorang Pecandu ?

1. Apakah anda pernah menggunakan drugs sendirian ?
2. Pernah mencoba mengganti drugs pilihan anda ke drugs yang lain karena ingin mencoba berhenti ?
3. Pernahkah anda memanipulasi orang lain untuk mendapatkan apa yang anda inginkan ?
4. Pernah berbohong pada dokter untuk mendapatkan drugs ?
5. Apakah anda pernah mencuri untuk mendapatkan drugs ?
6. Apakah anda menggunakan drugs untuk memulai kehidupan dan untuk bisa tidur dengan nyenyak ?
7. Apakah anda menghindari orang-orang atau tempat yang dimana, disana tidak terdapat drugs ?
8. Apakah sekolah atau pekerjaan anda hancur ?
9. Pernah ditangkap polisi karena hal yang berkaitan dengan drugs ?
10. Pernah menggunakan drugs tanpa mengetahui terlebih dahulu apa efeknya pada diri anda ?
11. Pernah mencoba untuk berhenti menggunakan drugs atau mencoba mengontrolnya ?
12. Pernah berbohong tentang jumlah penggunaan drugs anda ?
13. Apakah anda pernah masauk ketempat-tempat rehabilitasai karena penggunaan drugs anda ?
14. Apakah penggunaan drugs anda mempengaruhi pola istirahat(tidur) dan makan anda ?
15. Saata anda menggunakan drugs rasanya tidak pernah cukup ?

Jadi bagaimana sekarang, apakah anda masih bisa menyangkal kenyataan-kenyataan diatas ?, karena jika anda menjawab “ya” pada satu saja pertanyaan diatas maka sudah pasti anda adalah seorang pecandu.
Dan kini pertanyaannya menjadi, apa yang akan anda perbuat dengan hidup anda ?

Posted in: Berita Terkini